Kamis, 07 Mei 2009

Perencanaan Media Pembelajaran pada Pelaksanaan Kegiatan Apresiasi di SMP Negeri 1 Tulungagung

Abstrak

Dalam pembelajaran dikenal berbagai media yang digunakan sebagai 
pendukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, 
siswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Seorang guru perlu 
membuat sebuah perencanaan media. Perencanaan media merupakan keharusan 
dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Perencanaan 
media pembelajaran yang tepat tentu mempengaruhi kualitas proses maupun 
kualitas hasil pembelajaran. Oleh karena itu, guru, yang memiliki peran strategis, 
dituntut untuk mampu menentukan media pembelajaran yang tepat sehingga 
pembelajaran dapat berlangsung efisien dan efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauhmana guru 
merencanakan media pada pelaksanaan kegiatan apresiasi, (2) sejauhmana guru 
melakukan persiapan penggunaan media pada pelaksanaan kegiatan apreasiasi, 
dan (3) sejauhmana guru menggunakan media dalam pelaksanaan kegiatan 
apresiasi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif-
kuantitatif, sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan angket, wawancara, 
dan observasi. Proses analisis data penelitian ini terdiri atas (1) data 
dikelompokkan menurut kategorinya, (2) data dianalisis langsung dan dikaitkan 
dengan data sejenis pada kelompok kategori yang sama, (3) hasil analisis data 
dideskripsikan, dan (4) data diinterpretasi dan disimpulkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) semua guru telah 
membuat perencanaan media dan mencantumkannya dalam silabus dan RPP; (2) 
kecenderungan guru memilih media sesuai SK dan KD, memilih sesuai dengan 
karakteristik siswa, memilih sesuai dengan karakteristik pesan, mampu 
menentukan jenis-jenis media yang akan digunakan, mampu membuat media 
sendiri (5 orang guru); (3) masing-masing guru menggunakan cara/teknik sendiri 
dalam menggunakan media pada pelaksanaan kegiatan apresiasi. Kecenderungan 
teknik yang digunakan guru adalah melaui ceramah, baik disertai dengan 
mengamati karya/gambar atau mendengarkan lagu, tanya-jawab, tugas, diskusi, 
atau demonstrasi. Kecenderungan guru menggunakan pendekatan kontekstual / 
CTL (Contextual Teaching and Learning) (4 dari 5 guru). 
Bertolak dari temuan penelitian ini disarankan diadakan penelitian lanjutan 
yang sejenis dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda